KPU Kota Padang Gelar Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilkada 2018

Photo: keepo.me

 

Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan walikota dan wakil walikota padang 2018 yang sudah dilaksanakan di 11 kecamatan, di salah satu hotel berbintang di daerah itu, Rabu (4/7/2018)

Riki Eka Putra, Komisioner Divisi Hukum, KPU Padang menyebutkan rekapitulasi hari ini merupakan rekap hasil suara dari 11 kecamatan dan direkap lagi di tingkat kota.

“Jadi dari hasil rekap ini nantinyas kita mendapatkan gambaran pasti di tingkat kota padang itu berapa perolehan suara masing-masing pasangan calon, dari nomor 1 dan 2,” sebutnya.

Kemudian Riki mengungkapkan, tak kalah pentingnya dihari ini juga nanti setelah juga diumumkan hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon, lalu juga akan mendapatkan data berapa jumlah tingkat partisipasi pemilih.

“Selain mendapatkan hasil perolehan suara, kita juga bisa mendapatkan berapa jumlah pemilih yang datang menggunakan KTP-E atau Suket yang tidak terdaftar di DPT. Dan juga kita bisa nampak pula hari ini, sejauh mana tingkat akurasi DPT kita,” ungkapnya.

Ia melanjutkan apakah pemilih yang tidak terdaftar di DPT ini meningkat dari pemilihan walikota dan pilgub pada tahun 2014, jika iya akurasi DPT ini wajib dipertanyakan.

“Hari ini kami meyakini, mudah-mudahan DPTB pada pilkada kemarin berkurang hendaknya dari penyelenggaraan pilkada sebelumnya, itu harapan kita,” sebut Riki.

Terkait rekapitulasi di tingkat kecamatan ia mengatakan berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah proses rekapitulasi di tingkat kecamatan berjalan dengan lancar, tertib dan aman, baik itu dari pihak kedua pasangan calon berjalan secara kooperatif terhadap penyelenggara kami di kecamatan,” kata dia.

Dari pantauan covesia.com di lokasi rapat pleno terbuka KPU rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan perolehan suara yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wib hingga saat ini masih berlangsung, dan baru dilakukan rekap oleh 6 kecamatan di Kota Padang.

Source :

covesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


one + 3 =