Ledek Kim Jong-un, Trump: Tombol Nuklir Saya Lebih Besar!

Presiden Amerika Serikat Donald John Trump.

 

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump meledek pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dengan menyebut tombol nuklir Washington lebih besar dan kuat. Ledekan itu sebagai balasan setelah pemimpin muda itu mengklaim tombol nuklir ada di mejanya dan seluruh AS berada dalam jangkauan.

“Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un hanya menyatakan bahwa ‘Tombol Nuklir ada di mejanya setiap saat’. Akankah (mampu) seseorang dari rezim yang kekurangan dan kelaparan makanan, tolong beritahu dia bahwa saya juga memiliki tombol nuklir, tapi ini jauh lebih besar dan lebih yang kuat dari dia, dan tombol milik saya bekerja!,” tulis Trump di Twitter via akun @realDonaldTrump, Rabu (3/1/2018).

Pemimpin Amerika itu tersinggung dengan pidato Kim Jong-un di hari pertama Tahun Baru 2018. Dalam pidatonya, Kim memang memperingatkan AS bahwa seluruh wilayah negara musuhnya itu berada dalam jangkauan senjata nuklir Pyongyang.

“Seluruh Amerika Serikat berada dalam jangkauan senjata nuklir kami, dan sebuah tombol nuklir selalu ada di meja saya,” kata Kim.

”Ini adalah kenyataan, bukan ancaman,” lanjut Kim. ”Senjata ini hanya akan digunakan jika keamanan kami terancam.”

Diktator muda Korut juga memerintahkan militernya untuk memproduksi senjata nuklir secara massal.

Akhir bulan lalu, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dengan suara bulat menyetujui penjatuhan sanksi lebih banyak terhadap Korea Utara sebagai respons atas peluncuran rudal balistik antarbenua terkuatnya. Namun, Pyongyang mengecam keputusan DK PBB yang dianggap rezim Kim Jong-un sebagai tindakan perang.

Meski ketegangan telah meningkat di semenanjung Korea, Korut telah membuat keputusan langka dan mengejutkan, di mana negara itu tiba-tiba mengajak Korea Selatan (Korsel) untuk berunding. Padahal, Pyongyang selama ini enggan berunding dengan Seoul karena Korsel terus melakukan latihan perang gabungan dengan AS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


three − 2 =