Masuk Pakai Visa Kunjungan, Dua WNA di Padang Ini Malah Mencari Nafkah

Warga Negara Asing dari Korea bernama Chin Byunghak (45) sat diamankan oleh petugas Imigrasi Klas I Padang, Jumat (27/10). Ia diamankan karena menyalahi izin tinggal dan bekerja sebagai pelatih beladiri Kendo. YUHENDRA

 

Kantor Imigrasi kelas 1A Padang, mengamankan dua Warga Negara Asing (WNA) kebangsaan Potugis dan Korea Selatan. Mereka diduga melakukan penyalahgunaan izin tinggal.

Dua WNA tersebut bernama Goncalo Raifo (53) diduga menjadi Surfing Gaet dan Chin Byunghak (45) sebagai pelatih beladiri Kendo.

Kepala Pengawasan dan Penindakan Imigrasi Padang, Indra Sati mengatakan   pihaknya tegah melakukan pemeriksaan terhadap WNA yang diduga menyalahi izin ringgal di Padang.

“Ya kami sedang melakukan proses  pemeriksaan dua WNA yang diduga menyalahi izin tinggal, karena kedatangan mereka menggunakan visa kunjungan sementara disini mereka diduga bekerja,” kata Indra kepada media, Jumat (27/10).

Dikatakannya, pemeriksaan terhadap WNA Goncalo asal Portugis diduga sebagai Surfing Gaet di Mentawai. Pihaknya medampatkan informasi dari media sosial.

“Informasi dan penyelidikan terhadap Goncalo bermula dari pemeriksaan di Pelabuhan Bungus jelang keberangkatan ke Mentawai, kami wawancara dan selanjutnya meminta datang ke Imigrasi,” ucapnya.

Sementara itu, Chin Byunghak warga Korsel diperiksa Imigrasi Padang terkait aktifitasnya sebagai Guru Kendo di salah satu SMP di Padang.

“WNA Korsel sudah kita periksa selama lima hari ini, dalam pemeriksaan menyalahi ijin tinggal sementara ia bekerja di sini,” ucap Indra Sakti.

Ditambahkan Kasubsi Penindakan, Hario Seto, WNA yang masih dalam pemeriksaan itu nantinya akan ditindak sesuai aturan imigrasian.

“Jika memang melanggar tentu akan dideportasi, namun jika tidak maka akan dicekal untuk kunjungan,” ujarnya.

Source :

harianhaluan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


eight − three =