PLN Resmikan Lima Program Layanan Baru di Sumut

photo : republika

 

PLN Wilayah Sumatra Utara (PLN Wilsumut), Senin (9/4), meresmikan lima layanan baru untuk memudahkan masyarakat Sumut memperoleh akses layanan PLN.

Menurut Direktur Human Capital Management PT PLN Muhamad Ali, kelima layanan tersebut adalah pelayanan satu pintu, pemasaran keliling (sarling), Teknik Era 2018 Perilaku Sikap Salam Senyum Sapa (PS4), One Step Service, serta Program Desa Berinternet.

Ali menuturkan, pelayanan satu pintu membuka kesempatan kepada pelanggan yang ingin pasang baru listrik atau penambahan daya serta untuk memperoleh sertifikat laik operasi (SLO) pada satu tempat yang sama.

Dengan demikian, PLN akan bekerja sama dengan lembaga inspeksi teknik tegangan rendah untuk memberikan pelayanan yang cepat, khususnya kepada pelanggan yang melakukan pasang baru listrik dan penambahan daya hingga daya 200 kilovolt ampere (KVA).

Khusus pemasaran keliling, menurut Ali, sebagai konsekuensi perusahaan yang berorientasi pada pelanggan, PLN Wilayah Sumatra Utara harus menerapkan strategi ini.

Program Sarling ini didukung dengan mobil khusus yang dilengkapi dengan fasilitas komputer, petugas pelayanan niaga, dan pelayanan teknik, untuk membantu melayani pelanggan yang berada di daerah terpencil. Ini karena PLN ingin hadir lebih dekat dengan masyarakat.

Ali juga menjelaskan, pelayanan Teknik Era 2018 perilaku sikap salam senyum sapa (PS4) merupakan prosedur bagi petugas pelayanan teknik PLN yang wajib melaksanakan PS4 kepada pelanggan pada saat mengatasi gangguan dan memberikan pelayanan pelanggan.

Kemudian, dengan one step service PLN berusaha mendukung pelayanan pelanggan dengan terus berinovasi, seperti yang dilakukan PLN Area Binjai dengan menerapkan Aplikasi Layanan One Step Services. Aplikasi ini satu atap untuk mempercepat penyambungan pelanggan pasang baru listrik dan tambah daya, khusus untuk proses layanan di PLN Area Binjai.

Ali menjelaskan, program Desa Berinternet akan dilakukan anak perusahaan PLN yang menyediakan jaringan internet, yaitu PT Indonesia Comnets Plus (Icon+). Program ini tersebar di tiga titik di Sumatera Utara, yaitu dua desa di Kabupaten Toba Samosir dan satu desa lainnya di Kabupaten Samosir.

Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat mengapresiasi pelayanan PLN dalam menjamin pasokan listrik di Tanah Karo. “Dulu kita sering pakai genset terus, tapi tadi Bapak (Muhamad Ali) bilang untuk UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sekarang aman listriknya, saya percaya itu,” jelas Terkelin.

Untuk penyambungan baru dan tambah daya saat ini sudah bisa dalam hitungan jam. Tidak ada kenaikan tarif, tetapi PLN bisa memproduksi listrik dan menambah rasio elektrifikasi.

“Semoga bisa mencapai 98 persen pada 2018 ini. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Pemkab Karo atas dukungannya terhadap program pemerintah pusat,” ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi.

Ali berharap dengan bantuan dan peningkatan pelayanan yang diberikan PLN kepada masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Juga diharapkan silaturahmi antara PLN dan Kabupaten Karo dapat terus terjalin dengan baik. Kehadiran PLN juga diharapkan dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi masyarakat,” ungkap Ali.

Source :

republika

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


ten − 4 =