Selain di Balige, BMKG Catat Ada Dua Titik Api di Sumut

Photo: viva

 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mencatat, selain kawasan hutan di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir yang terbakar, ada dua titik api di dua Kabupaten di Sumatera Utara.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Nora Valencia Sinaga menjelaskan dua titik api itu, berada di Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

“Di Humbang Hasundutan, titik panas terpantau di Kecamatan Sijamapolang sebesar 74 persen. Di Tapanuli Selatan titik panas sebesar 79 persen terpantau di kawasan Batang Toru,” ucap Nora kepada wartawan di Medan, Kamis, 26 Juli 2018.

Nora menjelaskan, di Kabupaten Toba Samosir, terdapat penurunan aktivitas titik api. Namun, untuk keseluruhan ketiga titik api belum ada menunjukkan pemadaman atau 0 persen.

“Untuk di Toba Samosir sudah menyusut. Kemarin masih di atas 50 persen,” kata Nora.

Hingga saat ini belum diketahui luas rambatan api dalam kebakaran di Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Sementara, di Kabupaten Toba Samosir rambatan api mencapai 40 hingga 50 hektare.

Nora menyampaikan, di Kawasan Toba Samosir akan terjadi turun hujan pada malam hari. Dengan demikian diharapkan bisa mengurangi dampak kebakaran.

Untuk melakukan pemadaman di Kawasan Balige, pihak terkait menerjunkan sekitar 100 petugas. Proses pemadaman sampai saat ini, masih terus dilakukan. Waterbom milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dari Riau juga diterjunkan.

Source :

viva

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


seventeen − seven =