Tambah kapasitas, Arwana Citramulia menyasar pasar Sumatra

 

Produsen keramik PT Arwana Citramulia Tbk akan menambah kapasitas pabrik yang terletak di Ogan Ilir, Sumatra Selatan. Tujuannya untuk melakukan ekspansi keramik ke pasar Sumatra.

“Kenapa kami memilih pabrik di Ogan Hilir, karena pasar di Sumatra cukup banyak dan ingin menjawab permintaan di pasar Sumatra,” kata Edy Suyanto Direktur Operasioal Arwana Citramulia di Banten, Rabu (28/3).

Sebelumnya, pabrik plant 4 Arwana Citramulia telah beroperasi sejak September 2013 dan berkapasitas produksi 8 juta meter persegi (m2) keramik per tahun. Nantinya, perusahaan akan menambah kapasitas sekitar 6 juta m2 per tahun, sehingga total kapasitas pabrik di Sumatra Selatan menjadi 14 juta m2 per tahun.

Demi menambah kapasitas tersebut, emiten ber kode saham ARNA tersebut harus mengeluarkan dana sebesar Rp 150 miliar. Pabrik ini akan resmi beroperasi tahun 2019 dan menghasilkan keramik ukuran 50 cm x 50 cm, yang sebelumnya telah diproduksi pada pabrik di Jawa Timur.

Edy menyebut penambahan kapasitas produksi tersebut adalah sesuatu yang tepat karena bisa menguntungkan masyarakat Sumatra dan perusahaan. “Kami bisa menjual keramik dengan harga murah ke masyarakat dan kami juga mau melakukan ekspansi ke pabrik lain karena utilitas pabrik di Palembang sudah 100%,” tuturnya.

Selain itu, Sumatra menjadi wilayah yang strategis karena dekat dengan pusat perkebunan dan pertambangan yang membutuhkan produk keramik secara besar. Ditambah lagi, beberapa tahun ke depan wilayah Sumatra akan mudah diakses dengan pembangunan Trans Sumatera.

“Program Trans Sumatera akan membuat infrastruktur makin baik dan bagus. Ini memudahkan akses pabrik ke pasar wilayah Medan, Sumatra Utara, Aceh dan Pekanbaru akan terhubung semua,” imbuhnya.

Asal tahu saja, ARNA telah memiliki total lima plant yang terletak di Tangerang, Serang, Gresik, Ogan Ilir dan Mojokerto.

Source :

kontan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


20 − 7 =