Tour de Singkarak Tingkatkan Wisatawan ke Sumbar

poskotanews

 

Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara bersama Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) H. Irwan Prayitno, dan walikota/bupati se-Sumbar me-lauching Tour de Singkarak (TdS) 2017 di lapangan parkir Gedung Sapta Pesona (GSP) Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Minggu  (15/10/2017).

Acara launching kali ini didahului dengan kegiatan fun bike TdS 2017 (start dari lapangan parkir GSP menuju Bunderan HI dan finish di GSP) sebagai rangkaian mempromosikan dan mensukseskan TdS 2017 yang akan berlangsung di Sumbar pada 18-26 November mendatang.

Penyelenggaraan TdS ke-9 tahun ini yang mengangkat tema ‘The Biggest Sport Tourism’ akan dimulai dari Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar sebagai tempat start dan finish di Kota Bukittinggi.
Ukus Kuswara mengapresiasi acara peluncuran TdS 2017 yang diawali dengan kegiatan fun bike untuk menarik perhatian permasyarakat Ibukota Jakarta yang tengah menikmati suasana car free day hari Minggu di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman untuk berolahraga.

“Kunci sukses penyelenggaraan event sport tourism adalah dalam berpromosi. Kegiatan launching yang didahului fun bikeseperti ini promosi kreatif untuk mensukseskan TdS 2017,” kata Ukus.

Dia mengatakan, penyelenggaraan event sport tourism TdS 2017 memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat (direct impact economic tourism) serta media value yang tinggi.

“Sejak 2013 Amauri Sport Organisation (ASO) merekomendasi TdS menjadi kejuaraan mayor di Asia karena mampu menyedot lebih dari satu juta penonton. Ranking TdS tingkat dunia dari jumlah penonton menduduki peringkat ke-5, setelah Tour de France (12 juta penonton), Giro d’Italia (8 juta), Vuelta a Espana (5 juta), Santos Tour Down Under (750 ribu) dan TdS (550 ribu),” kata Ukus seraya berharap prestasi TdS terus ditingkatkan untuk mewujudkan sebagai event sport tourism terbesar sebagaimana tema yang diangkat pada penyelenggaraan TdS 2017 tahun ini sebagai ‘‘The Biggest Sport Tourism’.

 

Source :

poskotanews

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


ten − 4 =