Selama berbulan-bulan di rumah saja mungkin sudah membuat sebagian masyarakat merasa penat. Jika sedang berada di Yogyakarta, kamu bisa cari suasana baru, seperti berkunjung ke tempat ngopi yang menawarkan pemandangan Instagramable untuk bekerja atau bersantai sejenak.

Berikut rekomendasi sembilan tempat ngopi di Jogja yang telah Kompas.com rangkum, Sabtu (10/10/2020). Perlu dicatat bahwa selama berkunjung, pastikan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti pakai masker, selalu cuci tangan, dan jaga jarak dengan pengunjung lain.

Kedai kopi bernama Watu Langit Jogja Coffee di Yogyakarta – Foto: dok. Facebook Watu Langit Jogja Coffee

1. Watu Langit Jogja Coffee

Nonton film sambil ngopi di Watu Langit Jogja Coffee bisa menjadi salah satu kegiatan asyik untuk dilakukan pada akhir pekan. Pasalnya, kamu juga bisa melihat keindahan perbukitan dari ketinggian sembari merasakan semilir angin di sana. Bagi pemburu sunset, tempat ini merupakan salah satu spot terbaik melihat indahnya matahari terbenam di Yogyakarta.

Watu Langit Jogja Coffee terletak di Mlakon, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Letaknya tidak jauh dari Tebing Breksi. Berbagai pilihan menu disediakan di sana, mulai dari kopi manual brew, wedang, hingga gorengan. Harga kopi manual brew dimulai dari Rp 8.000, wedang mulai Rp 5.000, dan gorengan Rp 2.000. Tempat ngopi ini buka setiap Selasa–Minggu pukul 11.00–21.00 WIB. Setiap Selasa–Kamis pukul 11:00–15:00 kamu bisa mendapatkan gorengan gratis.

Kedai kopi bernama Kopi Opak #29 di Yogyakarta – Foto: dok. dok. Instagram @kopiopak

2. Kopi Opak #29

Jika ingin menikmati pemandangan Sungai Opak, berenang, bahkan berfoto atau menikmati kopi di tengah sungai, kamu bisa mampir ke Kopi Opak #29. Sebab, pihak tempat ngopi sudah menata area Sungai Opak seapik mungkin sehingga pengunjung bisa dengan aman bermain di tengah sungai.

Sejumlah properti foto pun telah disiapkan, salah satunya adalah tempat duduk gantung. Ada juga jembatan yang bisa dijadikan sebagai spot foto. Meski pihak pengelola memiliki deretan meja dan kursi, mereka juga menyediakan lahan bagi pengunjung yang ingin ngopi sambil lesehan di pinggir sungai.

Tempat ngopi ini menawarkan berbagai pilihan menu dengan harga beragam, seperti nasi goreng jawa, gurame bakar, ayam kremes, cumi lada hitam, kopi V60, dan kopi Vietnam Drip. Kopi Opak #29 berlokasi di Jalan Jogja–Wonosari kilometer 11,5 di Karang Anom, Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Tempat ini buka setiap hari pukul 09.00–22.00 WIB.

Para pengunjung duduk lesehan di tepi sawah Warung Kopi Klotok, Sleman Yogyakarta. Pengunjung bisa duduk di dalam rumah joglo maupun di luar dengan cara lesehan tikar – Foto: NICHOLAS RYAN ADITYA/KOMPAS

3. Warung Kopi Klotok

Tempat ngopi satu ini menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman dengan harga cukup murah. Bahkan hanya dengan uang Rp 100.000, dua pengunjung bisa menyantap berbagai makanan dan minuman yang mampu membuat perut kenyang.

Selama berada di Warung Kopi Klotok, kamu bisa menikmati pemandangan sawah yang asri dan teduhnya rindang pepohonan. Beberapa makanan dan minuman yang tersedia di sana, antara lain pisang goreng, sayur lodeh, ikan pindang, dan kopi klotok yang dibanderol mulai Rp 5.000.

Warung Kopi Klotok terletak di Jalan Kaliurang Kilometer 16, Pakem, Kabupaten Sleman. Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00–22.00 WIB.

Kedai kopi Ampirono di Jalan Raya Kaligesing, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo – Foto: dakatour

4. Kopi Ampirono

Ingin menikmati pemandangan sawah hijau serta perbukitan yang samar-samar tertutup awan? Kamu bisa berkunjung ke Kopi Ampirono di Jalan Raya Kaligesing, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Kedai kopi ini buka setiap hari mulai pukul 11:00 – 21:00 WIB.

Hawa sejuk yang ditawarkan membuat pengalaman ngopi di sana semakin menyenangkan. Berbagai kopi dan makanan ditawarkan dengan harga menu yang cukup murah mulai dari Rp 6.000.

Gunung Merapi dan Gunung Sumbing dilihat dari Spot Riyadi – Foto: Anggara Wikan Prasetya/Kompas

5. Spot Riyadi

Ngopi di Spot Riyadi dapat dikatakan akan memberi kesan tersendiri. Pasalnya, kamu dapat melihat megahnya Candi Prambanan dari ketinggian. Bahkan jika cuaca sedang cerah, Gunung Merapi yang berada di sisi utara Spot Riyadi pun terlihat. Sambil menikmati pemandangan, jangan lupa pesan kopi atau beragam pilihan minuman lainnya.

Jika merasa lapar, sejumlah hidangan disajikan seperti aneka macam gorengan dan mi ayam. Satu hal yang membuat mi ayam Spot Riyadi menarik adalah potongan dagingnya yang cukup besar. Harga yang ditawarkan bergam dan pastinya tidak terlalu mahal. Spot Riyadi berlokasi di Jalan Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Waktu bukanya adalah setiap hari mulai pukul 06.00–21.00 WIB.

Suasana Puncak Sosok, Bantul di sore hari Riyadi – Foto: Anggara Wikan Prasetya/Kompas

6. Kopi Sosok

Kopi Sosok merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di Kabupaten Bantul. Namun sebelum melihat sunset, jangan lupa pesan minuman, seperti Kopi Tubruk Arabica seharga Rp 10.000, Kopi Susu Wine Rp 17.000, atau Ice Blend Red Velvet Rp 10.000.

Kamu juga bisa pesan Wedang Uwuh seharga Rp 4.000, Milo Rp 5.000, Singkong Keju Rp 10.000, atau Pisang Goreng Ori Rp 5.000 untuk disantap sambil melihat pemandangan yang Instagramable. Kopi Sosok berlokasi di Puncak Sosok, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret. Kedai kopi ini buka setiap hari pukul 16.00–23.45 WIB.

Bukit Wisata Pulepayung di Kulon Progo, Yogyakarta – Foto: dok. Bukit Wisata Pulepayung

7. Coffee Angkasa

Satu hal yang menarik dari Coffee Angkasa adalah mereka terletak di salah satu spot selfie di Bukit Wisata Pulepayung bernama Spot Angkasa. Setiap hari kecuali Kamis, spot selfie tersebut diubah menjadi kedai kopi “spesial” pukul 16.00–21.00 WIB. Kedai kopi ini menawarkan beberapa tempat duduk, seperti area bean bags dan area untuk lesehan.

Sembari bersantai, jangan lupa pesan secangkir kopi Nusantara dari Sabang sampai Merauke dengan harga mulai dari Rp 15.000 per gelas. Pemandangan yang ditawarkan oleh Coffee Angkasa di Soropati, RT.007/RW.003, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo adalah Waduk Sermo yang lokasinya tidak terlalu jauh dari sana.

Tempat ngopi dengan pemandangan perbukitan indah bernama Kedai Kopi Natadamar di Yogyakarta – Foto: dok. Instagram @kopinatadamar

8. Kedai Kopi Natadamar

Keindahan alam yang ditawarkan Kedai Kopi Natadamar adalah hamparan bukit dan hutan rindang yang dapat dilihat dari spot panggung kayu. Sambil menikmati pemandangan, kamu bisa pesan salah satu dari beragam menu yang disediakan, seperti Kopi Jahe Tubruk. Harga yang ditawarkan cukup beragam.

Kedai Kopi Natadamar terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir Nomor 5, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Mereka buka setiap hari pukul 10.00–23.00 WIB.

Pengunjung warung Kopi Merapi saat menunggu pesanan kopi sembari menikmati alam kaki Gunung Merapi – Foto: Wijaya Kusuma/Kompas

9. Kopi Merapi

Megahnya Gunung Merapi dapat dilihat dari Warung Kopi Merapi. Kamu juga bisa menikmati kopi robusta atau arabika yang harganya mulai dari Rp 8.000. Warung Kopi Merapi buka setiap hari pukul 08.00–21.00 WIB dengan maksimal kunjungan hingga pukul 22:00 WIB. Lokasinya di Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.