Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sejatinya menyimpan berbagai destinasi wisata alam menarik, namun beberapa diantaranya masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, salah satunya air terjun Sungai Cina Butun.

Air terjun yang berada 12 kilometer dari Desa Umpang, Kecamatan Arut Selatan ini terbilang cukup eksotis dan layak menjadi destinasi wisata alam unggulan Kobar.

Berada di tengah suasana hutan tropis, air terjun Sungai Cina Butun menawarkan sensasi sejuk lantaran hutan yang berada di sekeliling air terjun masih asri. Ditambah adanya pemandangan bebatuan alam di sekitar air terjun, semakin membuat siapapun yang berkunjung betah untuk berlama-lama dilokasi ini.

Maka tak berlebihan jika lokasi wisata itu dapat dikatakan “Surga yang Tersembunyi” karena belum banyak dikenal masyarakat.

Kepala Desa Umpang, Jamli menuturkan untuk menuju lokasi air terjun tersebut dapat ditempuh jalur darat dengan memakan waktu kurang dari setengah jam dengan menggunakan kendaraan.

“Air terjun Sungai Cina Butun, Desa Umpang, dari desanya sekitar 30 menit pakai mobil atau trabas (motor trail),” tutur Jamli, saat dikonfirmasi, Selasa, 13 Oktober 2020.

Jamli menjelaskan, pemerintah desa secara bertahap akan melakukan pengelolaan terhadap potensi wisata alam tersebut dalam upaya meningkatkan sektor pendapatan asli desa.

Pihaknya berharap, lokasi air terjun Sungai Cina Butun banyak dikunjungi masyarakat kota Pangkalan Bun dan sekitarnya, dan menjadi destinasi wisata alam baru yang terjangkau.