Meski sedang menghadapi kondisi pandemi, Badak LNG tetap mampu meraih prestasi. Kali ini datang dari penghargaan bergengsi tingkat Asia, yaitu Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2020.

Penghargaan ini merupakan salah satu program dari Enterprise Asia atau sebuah organisasi non-pemerintah yang bekerja dengan pemerintah, LSM dan organisasi lain untuk mempromosikan daya saing dan pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan. Sebagai upaya mengangkat status ekonomi masyarakat di seluruh Asia.

Melalui program Kampung Masyarakat Sadar Lingkungan atau Masdarling, Badak LNG menjadi salah satu perusahaan yang menyabet penghargaan ini. Pemberian penghargaan pun berlangsung secara daring dan disaksikan langsung oleh Director & COO Badak LNG Gitut Yuliaskar, pada Rabu, 23 September 2020 melalui “Virtual Awarding AREA 2020”.

Social Empowerment telah menjadi tujuan dan komitmen CSR Badak LNG untuk mengembangkan potensi masyarakat agar mampu mandiri baik secara ekonomi, sosial, dan pengelolaan lingkungan. Selaras dengan pilar CSR tersebut, Badak LNG bersama dengan warga di Jalan Bukit Pasir RT 26 Kelurahan Gunung Telihan berinisiatif membentuk sebuah kampung yang peduli dan sadar akan lingkungan.

Hal ini juga berangkat dari kesadaran masyarakat tersebut akan permasalahan sampah yang tidak ada habisnya. Berkat dukungan perusahaan dan keseriusan warga, Kampung Masdarling kini menjadi satu-satunya program wisata berbasis lingkungan di Kota Bontang dan menjadi program unggulan Comdev Badak LNG.

Sejak digagas pertama kali pada September 2018, Kampung Masdarling telah membuktikan komitmennya terhadap permasalahan sampah di Kota Bontang dengan menghadirkan berbagai atraksi wisata. Seperti wisata edukasi, yakni pertanian organik, yang merupakan wisata paling populer di Masdarling. Lalu pengelolaan kompos, serta pengembangbiakan vegetatif buatan tanaman hias, dan ppembuatan kerajinan dari botol.

Lalu ada juga wisata lainnya. Yakni, wisata petik sayur dan buah di kebun, sepeda keliling kebun dan track profesional, selfie di aneka photobooth di Kampung Narsis (wisata yang paling populer). Ditambah pula wisata jalan terapi, serta kuliner dan lokasi gathering.

Kampung Masdarling telah membuktikan keberadaannya mampu membawa dampak positif, baik bagi masyarakat Gunung Telihan maupun Kota Bontang. Salah satu manfaat yang paling terasa ialah meningkatnya perekonomian warga setempat dengan berdirinya wisata edukasi di Kampung ini.

Berkat astraksi wisata dan juga kebermanfaatannya yang tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga menjadi ajang edukasi kepada generasi muda di Kota Bontang, membuat Progam Kampung Masdarling berhasil mengantarkan Badak LNG meraih penghargaan AREA 2020.

“Alhamdulillah Badak LNG kembali meraih penghargaan Internasional pada ajang AREA 2020. Tahun ini melalui program Kampung Masdarling, setelah tahun 2018 melalui program Bontang Kuala Ecotourism dan 2019 Selangan City,” ungkap Gitut.

Meski telah berhasil menjadi program unggulan dan mendapat penghargaan, tak membuat Kampung Masdarling merasa puas. Kampung Masdarling masih memiliki harapan dan misi untuk terus meningkatkan kualitas sarana dan pelayanan bagi pengunjung.

Badak LNG juga berharap hadirnya Kampung Masdarling dapat menjadi ikon wisata dan kampung percontohan berbasis kesadaran lingkungan di Kota Bontang serta dapat direplikasi di seluruh kelurahan di Kota Bontang.