Kabupaten Jepara merupakan wilayah yang terletak di Pantai Utara. Jepara sering dikenal dengan sebagai tempat kelahiran RA. Kartini. Namun siapa sangka di Kota Ukir julukan Kabupaten Jepara menyimpan keindahan wisata pantai.

Lalu seperti apa wisata pantai di Jepara?

Pantai Teluk Awur

Pantai yang pertama yakni Pantai Teluk Awur. Pantai ini terletak di Desa Teluk Awur Kecamatan Tahunan, Jepara. Untuk sampai di pantai tersebut berjarak 4 Km dari pusat Kabupaten Jepara dan lokasinya sangat mudah diakses.

Pantai Teluk Awur merupakan salah satu pantai yang ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Teluk Awur kondisinya sangat bersih. Air di lautan pun tampak tenang. Ditambah ada angin bertiup dari laut menjadikan suasana syahdu dengan gulungan ombak yang tidak begitu besar.

Tidak hanya itu, kondisi pasirnya juga menjadi daya tarik wisatawan lagi. Sehingga tidak heran jika wisatawan bisa mandi di pinggir pantai.

Pantai Kartini

Tidak kalah menarik adalah Pantai Kartini terletak Desa Bulu Kecamatan Jepara, Jepara. Pantai Kartini sendiri merupakan sebuah pantai dari bentuk penghargaan kepada RA Kartini . Sehingga nama pantai diambil dari pahlawan RA. Kartini.

Di Pantai Kartini wisatawan dapat menemukan sejumlah objek wisata yang menarik. Di sana terdapat bangunan kura-kura besar. Di sana juga terdapat sebuah gazebo yang dibangun menjorok ke laut. Selain itu juga tidak kalah menarik ada spot foto yang menunjukkan di Pantai Kartini.

Di Pantai Kartini kondisi air lautnya tenang. Kemudian ditambah hamparan pasir putih, airnya jernih dan bersih memanjakan mata para wisatawan.

Pantai Pulau Panjang di Jepara – Foto: Dian Utoro Aji/detik

Pantai Pulau Panjang

Selanjutnya adalah Pantai Pulau Panjang. Pantai ini terletak di Desa Ujungbatu, Kecamatan Jepara. Untuk sampai di Pantai Pulau Panjang harus menaik perahu terlebih dahulu dari dermaga yang berada di Pantai Kartini. Dari dermaga wisatawan menempuh waktu 20 – 30 menit dengan menaiki perahu.

Saat di lokasi wisatawan dimanjakan dengan keindahan Pulau Panjang. Ombak yang tenang, airnya jernih dan ditambah pasir berwarna putih memanjakan para wisatawan yang datang.

Berwisata di Pantai Pulau Panjang wisatawan dapat juga menikmati keindahan terumbu karang di pantai. Wisatawan saat di Pulau Panjang juga bisa menikmati keindahan hutan tropis dengan pepohonan yang cukup tinggi.

Pantai Prau

Berikutnya yang tidak kalah menarik adalah salah satu objek wisata pantai yang diburu wisatawan. Lokasi Pantai Prau terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara. Untuk sampai lokasi dari pusat Kota Jepara berjarak 5,2 Km atau sekitar 10 menit dengan mengendarai kendaraan.

Saat di lokasi wisatawan disambut dengan keindahan alam yang memesona. Pasir putih dan kondisi airnya jernih. Terlebih saat sore hari, wisatawan bisa menikmati senja dari pinggir Pantai Prau.

Tidak hanya itu, di sana terdapat sejumlah tempat nongkrong. Sejumlah warung makanan juga tersedia di Pantai Prau.

Pantai Tlare di Jepara – Foto: Dian Utoro Aji/detik

Pantai Tanggul Tlare

Selanjutnya Pantai Tanggul Tlare yang terletak di Desa Tanggultrale Kecamatan Kedung, Jepara. Untuk sampai di lokasi tidak jauh sekitar 15 menit dari pusat Kabupaten Jepara.

Di Pantai Tanggul Tlare disambut dengan rindangnya pohon cemara. Saat di lokasi juga terdapat sejumlah gazebo. Di Pantai Tanggul Tlare terdapat tanggul yang berada di pinggir pantai.

Sedangkan untuk kondisi air begitu tenang. Kemudian pasir pantai berwarna putih akan menambah menikmati keindahan Pantai Tanggul Trale.

Pantai Benteng Portugis

Serta pantai yang tengah viral belakangan ini adalah Pantai Benteng Portugis. Pantai Benteng Portugis terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo, Jepara perbatasan dengan Desa Ujungwatu. Untuk sampai di lokasi berjarak 45 km dari pusat Kabupaten Jepara. Pantai Benteng Portugis sebelah timur Kota Jepara.

Pantai Benteng Portugis di sana juga terdapat Benteng Portugis. Sehingga nama pantai itu dikenal dengan Pantai Benteng Portugis. Di pantai tersebut kondisi ombaknya tidak besar dan airnya bersih. Di sisi utara tampak ada Pulau Mandalika.

Di Pantai Portugis wisatawan disajikan dengan keindahan pantai dengan pasir berwarna putih. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati keindahan benteng bekas peninggalan bangsa Portugis yang kini masih berdiri kokoh.

Untuk saat ini di tengah pandemi objek wisata di Jepara masih ada yang ditutup. Kabid Kominfo pada Dinas Kominfo Kabupaten Jepara, Wahyanto mengungkapkan untuk wisata di Jepara saat ini masih dilakukan simulasi. Pekan lalu merupakan simulasi ke-2.

“Masih simulasi, minggu kemarin simulasi ke-2. Yang simulasi adalah objek wisata yang dikelola oleh pemerintah kabupaten, seperti Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Pantai Pungkruk, dan Pantai Benteng Portugis,” kata Wahyanto saat dihubungi detikTravel, Jumat (2/10).

Kata dia pemkab sebenarnya telah menggratiskan objek wisata di Jepara. Sejumlah objek wisata milik pemkab gratis setiap hari Senin – Jumat. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur dikenakan tarif Rp 10 ribu.

“Yang gratis hanya objek wisata yang dikelola oleh pemkab. Gratis hari Senin – Jumat, akhir pekan hari libur ditarif Rp 10 ribu,” ujar dia.