Pasangan Cavindra Pastika Wardana-Lintang Pharamudita keluar sebagai pemenang kedua Duta Lingkungan Hidup Jawa Tengah tingkat SD tahun 2020. Keduanya diharapkan memberi contoh mendaur ulang limbah dan melawan aksi buang sampah sembarangan.

 “Di awal tahap seleksi secara virtual peserta yang mendaftar ada 50 peserta se Jawa Tengah, kemudian terseleksi menjadi 15 peserta dan menuju puncak grand final ini terseleksi kembali menjadi 11 peserta,” kata Pansusila Reni, selaku penyelenggara even di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu (12/9).

Dalam ajang tersebut, para peserta berasal dari berbagai sekolah di Karanganyar maupun luar kota. Mereka dipertemukan untuk mengikuti perlombaan yang digelar Dinas Lingkungan Hidup Jawa Tengah itu di kota/kabupaten tempat tinggalnya.

Cavindra Pastika Wardana asal SD Cemara 2 Surakarta tampak serasi berdampingan dengan Lintang Pharamudita asal MI Muhammadiyah Karanganyar. Keduanya mengenakan busana warna hijau lengkap dengan alat pelindung diri (APD) berupa face shield.

Berangkat dari keprihatinan atas problem sampah, ia berinisiatif menggelar ajang duta lingkungan hidup. Menurutnya, aksi penyelamatan lingkungan harus dimulai sejak usia dini.

Bupati Karanganyar Juliyatmono menyampaikan, dengan saling peduli, saling menjaga, dan berharmonisasi dengan tumbuhan juga lingkungan hidup, maka akan terjadi keserasian dalam kehidupan di dunia.