Selain mempercantik rumah, tanaman hias bisa membuat rumah semakin sejuk dan dipercaya membawa energi positif bagi penghuninya. Namun, siapa sangka di balik tanaman hias yang cantik. Ternyata ada beberapa tanaman hias yang beracun.

Bahkan, tak jarang tanaman hias beracun ini tidak sengaja dikonsumsi oleh anak-anak maupun hewan peliharaan di rumah. Dampak buruknya bisa menyebabkan kematian.

Maka dari itu, sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilih tanaman hias yang beracun. Dilansir dari Gizmodo pada Rabu (30/9/2020), berikut 5 tanaman beracun paling mematikan didunia:

1. Dumbcane (Dieffenbachia)

Dumbcane – Foto: Instagram/@folia.houseplant

Tanaman hias yang masuk dalam anggota Dieffenbachia terdiri dari sel-sel yang mengandung kristal kalsium oksalat, berbentuk jarum mikroskopis yang disebut raphides. Hal ini bisa dilihat jika diperbesar 600 kali.

Saat daun tanaman Dieffenbachia dikunyah, partikel kecil dalam kalsium oksalat bisa menyebabkan iritasi mulut, air liur berlebihan, dan pembengkakan. Namun, dalam kasus yang langka, iritasi yang diakibatkan dumbcane yang sangat parah terjadi pada bagian lidah, mulut, dan tenggorokan yang tidak dapat bergerak secara efektif. Di Indonesia dikenal sebagai Sri Rejeki atau agalaonema.

2. Jequirity atau Saga Rambut (Abrus precatorius)

Saga rambut – Foto: Instagram/@botany_4ever

Tumbuhan Saga Rambut adalah tanaman asli Indonesia. Tumbuhan ini memiliki warna biji beragam, seperti hitam, merah, dan putih. Tetapi bijinya juga sangat beracun karena kandungan abrin.

Abrin mengambil alih tubuh dengan cara menonaktifkan ribosom. Ini bagian tubuh yang bertanggung jawab untuk mensintesis protein yang telah dikonsumsi. Kandungan abrin dari satu biji saja bisa menyebabkan kematian.

3. Manchineel (Hippomane mancinella)

Manchineel – Foto: Instagram/@johnsaltiel

Pohon Manchineel tidak suka disenggol. Jika kamu menabrak pohon, getah putih yang dihasilkannya kemungkinan besar akan menimbulkan reaksi alergi yang hebat pada kulitmu. Selain itu, apabila kamu berteduh di bawah pohon saat hujan dipohon ini. Kulit tubuhmu bisa melepuh dalam waktu singkat.

Menelan buah pohon ini bisa menyebabkan komplikasi karena kandungan physostignmine. Pada dasarnya, jangan main-main dengan buah yang ada dipohon Manchineel.

4. Pohon bunuh diri (Cerbera odollam)

Pohon bunuh diri – Foto: Instagram/hitsbanget

Tanaman ini masuk dalam bagian dari famili Oleander, yang beracun bagi manusia. Biji Pohon bunuh diri mengandung racun yang disebut cerberin. Jika tertelan, maka senyawa kuat yang mampu membuat detak jantung tak teratur akibat terganggunya ion kalsium di otot jantung.

Tanaman ini kerap digunakan para pembunuh sebagai senjata. Konon, tanaman ini mirip dengan rempah-rempah pada makanan. Racun ini juga terkenal karena diabaikan sebagai penyebab kematian dalam otopsi.

Tidak heran tim ahli toksikologi forensik Prancis menyimpulkan bahwa Cerbera odollam disebut sebagai pohon bunuh diri. Hal ini karena sudah ada 500 bunuh diri di Perancis dalam kurun waktu 10 tahun, yakni 1989 hingga 1999.

5. Bunga Oleander

Bunga Oleander – Foto: Instagram/@bellabibitunggulasli

Bunga oleander adalah tanaman cantik berwarna merah muda. Sayangnya, biji bunga ini sangatlah berbahaya. Menurut data dari Toxic Exposure Surveilance System (TESS), terdapat 847 racun manusia yang berkaitan dengan bunga oleander.

Mengandung bahan kimia yang sangat beracun, dan dosis yang mematikan berkisar antara 4 hingga 8 biji. Menelan bijinya bisa menyebabkan sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan, sakit perut yang dahsyat, dan diare dalam waktu 36 jam, hingga sebabkan kematian dalam waktu 3-5 hari jika tidak ditangani.