Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Timur membagikan ribuan bibit pohon kepada masyarakat dalam rangka Kegiatan Prolingkungan Hidup, sekaligus mengajak mereka beradaptasi dan tetap produktif di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Dishut Kaltim Amrullah di Samarinda, Jumat (16/10/2020) mengatakan, program tahunan ini dilakukan demi menjaga dan berupaya penghijauan lingkungan daerah.

Tercatat sudah 29.442 ribu bibit pohon sudah diserahkan kepada masyarakat melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) di Kaltim. Penyerahan bibit melalui Kepala KPHP Santan berjumlah 10.321 bibit, Kepala KPHP Delta Mahakam (3.000 bibit), Kepala KPHP Meratus (10.046 bibit), dan Kepala KPHP DAS Belayan (6.075 bibit).

Bantuan bibit gratis untuk masyarakat itu, berupa pohon ulin, sengon, dan buah-buahan khas Kaltim. “Kami berharap dengan bantuan bibit tersebut selain menjaga hutan, masyarakat juga bisa menikmati hasil hutan,” kata Amrullah. Bibit tersebut juga dimaksudkan untuk mempercepat rehabilitasi hutan.

“Diharapkan bantuan bibit pohon dan pupuk, masyarakat ikut menjaga kawasan hutan sehingga bisa tetap lestari. Termasuk daerah-daerah yang kritis bisa dilakukan reboisasi dengan tanaman kehutanan agar tumbuh hijau kembali,” tandasnya.

Amrullah menambahkan setiap tahun pihaknya selalu mengalokasikan anggaran untuk kegiatan rehabilitasi lahan kritis atau daerah-daerah yang gundul dengan menyiapkan berbagai bibit pohon. Pada masa mendatang masyarakat diharapkan bisa memetik hasil yang mereka tanam.

Ia juga menegaskan tentang pentingnya masyarakat tetap produktif di tengah pandemi ini.

“Dimasa pandemi COVID-19 ini, bukan berarti kita tidak produktif. Sebagai penggerak sektor kehutanan harus terus menYosialisasikan kegiatan prolingkungan. Kami terus bersinergi dengan masyarakat melalui pemberian bibit pohon termasuk pupuknya, sehingga masyarakat ikut menjaga kelestarian hutan,” tutup Kepala Dishut.