Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) Republik Indonesia mengumumkan penerima penghargaan Kalpataru dan penghargaan khusus tahun 2020 dengan nomor SK.298/MENLHK/PSKL/PEG7/7/2020. Dimana, dalam SK tetsebut nama Yal Yudian, pemuda asal Kabupaten Sijunjung terpilih sebagai penerima penghargaan khusus sebagai pemuda inspiratif lingkungan mewakili Sumbar.

Selain Yal Yudian dari Kabupaten Sijunjung, Zofrawandi dari Kabupaten Solok juga terpilih sebagai penerima Kalpataru tahun 2020 kategori pembina lingkungan. Dengan memperoleh dua penghargaan lingkungan pada dua kategori di tingkat Nasional di tahun ini, dengan demikian, Sumbar yang beberapa tahun terakhir sempat absen pada penghargaan tersebut kini kembali mengukir prestasi pada penghargaan lingkungan di tingkat Nasional. 

Secara keseluruhan, KemenLHK memberikan penghargaan kepada sepuluh orang pemuda terbaik yang telah berbuat untuk lingkungan di tingkat Nasional pada tahun 2020 yang dibagi pada tiap-tiap kategori. “Alhamdulillah tahun ini kita (Sumbar) mendapat dua penghargaan dari kementrian pada dua kategori. Yakni, Kalpataru dan penghargaan khusus pemuda inspiratif lingkungan dari KemenLHK, setelah sekian lama absen atas penghargaan serupa,” tutur Kasi peningkatan kapasitas lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar Aulia Rahmadani pada wartawan, Minggu (13/9/2020).

Menurutnya, penghargaan yang diterima salah seorang perwakilan Sumbar bernama Yal Yudian memang melalui proses dan mekanisme yang berat. Namun berkat kegigihan dan keyakinan dari Yal Yudian tersebut akhirnya bisa mendapatkan penghargaan khusus bidang Pemuda Inspiratif, yang mana kegiatan yang dilakukannya bisa menginspirasi pemuda ataupun warga masyarakat lainnya.