Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan TIK Universitas Lampung (Unila) Prof. Suharso, Ph.D., menjadi narasumber pada program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Lampung, di GSG Unila, dan ditayangkan secara online melalui aplikasi Zoom, Selasa (22/09/2020).

Prof. Suharso menyampaikan materi “Kesadaran Lingkungan Hidup dan Kesiapsiagaan Bencana di Perguruan Tinggi” pada penutupan rangkaian PKKMB 2020.

Sebagai penerus bangsa dan calon pemimpin masa depan, kata Suharso, harus mengetahui dan memahami pentingnya pengelolaan lingkungan dan mitigasi pencemaran lingkungan.

Pencegahan polusi kini menjadi perhatian utama global karena efek berbahaya dari polusi pada kesehatan seseorang dan lingkungan.

Ia meyakini, setiap orang adalah pemangku kepentingan untuk merawat bumi.

Dan setiap orang juga berkewajiban berkontribusi memajukan langkah-langkah mitigasi pencemaran lingkungan. “Salah satu tugas mahasiswa adalah menjadi agent of change dalam mengelola dan merawat hal itu semua,” tegasnya.

Lebih lanjut, Suharso memaparkan pentingnya kewaspadaan mahasiswa pada bahan-bahan berbahaya yang terkandung di dalam makanan. Hal itu berkaitan langsung pada pencemaran dan penyebaran virus.

Kondisi ekosistem yang baik sangat ditentukan dari kesehatan dan kualitas hidup masyarakat.

Menjaga kedisiplinan dan membentuk kebiasaan hidup bersih sebagai salah satu langkah untuk menghentikan penyebaran berbagai penyakit dan virus.