SIAPA yang tidak tertarik pergi ke Yogyakarta? Yogyakarta memiliki destinasi wisata alam bermacam-macam, salah satunya adalah Hutan Pinus Pengger.

Di Yogyakarta memang terdapat beberapa hutan pinus yang sering jadi buruan wisatawan. Seperti Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Becici, Hutan Pinus Pengger dan masih banyak lagi.

Hutan Pinus Pengger berada di Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini merupakan wisata alam yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal. Suasananya sejuk dan asri, sehingga menambah daya tarik wisatawan.

Hutan Pinus Pengger juga memiliki beberapa spot ikonik. Sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Salah satunya adalah Tangan Raksasa.

Tidak hanya Tangan Raksasa, ada spot-spot unik dan Instagramable lainnya. Seperti rumah pohon, jembatan kayu, ayunan dan rumah piramida ala India. Tentunya bisa Anda jadikan spot foto bersama keluarga ataupun teman.

Pengunjung Pinus Pengger Qhoridatul Khanifah (22) mengungkapkan, alasan memilih tempat tersebut sebagai destinasi wisata saat berlibur ke Yogyakarta. Dia berkunjung sebelum pandemi Covid-19 meluas di Indonesia.

“Di sini tuh banyak spot Instagramable, kayak rumah pohon, jembatan kayu dan seni kayu yang unik-unik gitu, cocok banget sih tempat ini untuk liburan saat ke Jogja,” ujar Qhori kepada Okezone di Hutan Pinus Pengger, beberapa waktu lalu.

Di Hutan Pinus Pengger pun pengunjung dapat menikmati keindahan sunset dari spot Tangan Raksasa. Tidak hanya menikmati sunset di sore hari, pada malam hari tempat ini juga ramai pengunjung yang menyaksikan city light dari Pinus Pengger.

Qhori juga menambahkan bahwa pengunjung wajib melihat view lainnya di sana. Apalagi kalau menikmati bareng teman atau keluarga.

“View-nya bagus banget, apalagi kalau bareng teman atau keluarga bisa juga foto di rimbunnya pohon pinus ini. Kalau malam pun bisa lihat city light juga dari atas dan itu favorit banget sih,” lanjutnya.

Fasilitas di tempat ini juga sudah sangat mumpuni. Layaknya gazebo untuk beristirahat, warung-warung kecil, toilet, mushola, parkiran kendaraan dan area camping untuk pengunjung yang ingin bermalam menikmatinya pemandangan Pinus Pengger.

Bila pengunjung ingin masuk ke area Hutan Pinus Pengger, Anda akan disuguhkan peta wisata dan petunjuk arah apa saja yang ada di dalam hutan tersebut. Antara lain petunjuk ke Asuma Paduraksa, Cetta Abipraya, Watu Ngadek dan Jembatan serta 7 Sapta Pesona Pariwisata.

Rianty Danista, pengunjung lain juga mengungkapkan indahnya Pinus Pengger. Menurutnya, objek wisata ini murah, tapi memiliki banyak spot-spot unik dan pemandangan yang tidak bisa dilupakan.

“Pemandangannya wah banget, aku juga foto di beberapa spot yang unik. tempatnya enggak mahal tapi worth it banget sih. Walaupun jalannya cukup nanjak banget ya, tapi seru,” ungkap Rianty Danista.

Wisatawan yang ingin menuju ke Pinus Pengger dikenakan biaya Rp5.000/orang. Untuk menuju ke lokasi, bisa menggunakan transportasi roda dua maupun roda empat.

Selama di perjalanan pun, Anda akan disuguhkan pemandangan indahnya Kota Yogyakarta dari atas. Tertarik datang?