Tanaman hias Monstera Deliciosa atau yang kerap disebut Janda Bolong merupakan salah satu tanaman yang paling dicari saat pandemi.

Tanaman hias tersebut biasanya dijadikan hiasan untuk mempercantik ruangan ataupun halaman rumah. Adapula yang sekedar iseng mencoba merawatnya untuk mengisi waktu yang terbuang akibat pandemi.

Sama seperti namanya setiap daun berlubang-lubang. Bentuknya yang unik inilah, sehingga menarik perhatian pecinta tanaman hias.

Tanaman yang berasal dari bagian selatan hutan tropis Meksiko ini, tumbuh secara merambat. Pada bagian batangnya terdapat akar, akar inilah yang membuat tanaman ini bisa menempel dan bahkan bisa membantu menyerap air untuk pertumbuhannya.

Untuk merawat Janda Bolong tak jauh berbeda dengan tanaman lainnya. Inilah tips merawat Janda Bolong bagi pemula yang dikutip dari berbagai sumber.

Suhu

Walaupun suhu di Indonesia tidak jauh berbeda dari tempat asal tanaman hias itu, Janda Bolong tetap memerlukan perhatian khusus dalam masalah suhu.

Pada siang hari, tanaman hanya akan bertahan jika berada pada suhu antara 23-30 derajat celsius. Lalu pada malam hari, Janda Bolong harus berada pada suhu ruangan setidaknya 15 derajat celsius.

Jadi jika tanaman bunga janda bolong itu dirasa tidak tumbuh secara optimal, cobalah mulai memperhatikan suhu disekitar anda menanam bunga tersebut.

Sinar Matahari

Sinar Matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk hidup termasuk tanaman Janda Bolong. Walaupun banyak orang yang menanam tanaman ini di pot dan meletakkannya di dalam ruangan, pada dasarnya tanaman bunga ini tetap membutuhkan sinar Matahari.

Bila dilrtakkan di dalam ruangan, sebaiknya tidak jauh dari jendela.

Tanah

Tanah adalah hal yang sangat penting bagi tanaman untuk tumbuh. Karena dari sanalah tanaman dapat memenuhi kebutuhan air dan mineralnya sehingga jika tanah yang digunakan tidak dakam kondisi baik

Untuk menjaganya yaitu mencampur tanah dengan pasir dan juga kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Penyiraman

Penyiraman yang disarankan untuk perawatan adalah dilakukan dua kali dalam satu hari. Yaitu pada pagi hari dan juga sore hari. Sangat tidak disarankan untuk menyiram tanaman pada saat siang hari karena dapat mengganggu proses fotosintesis yang sedang dilakukan tanaman.

Bersihkan dari gulma

Perawatan terakhir yang bisa dilakukan agar tanaman Janda Bolong tumbuh secara maksimal adalah dengan memperhatikan keadaan sekitarnya. Pastikan di sekitar tanaman tidak ada gulma.