Pulau Sumatera menawarkan berbagai jenis pilihan wisata yang menarik–salah satunya adalah wisata alam di Bukit Lawang, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Kawasan wisata tersebut terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Hal ini membuat Bukit Lawang masih memiliki alam dan lingkungan yang asri.

Namun, selain bisa menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan wisata. Berikut daftar lima kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Bukit Lawang yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/8/2020):

* Berinteraksi dan melihat orangutan di habitat asli

Bukit Lawang merupakan tempat rehabilitasi orangutan yang telah berdiri sejak 1973, dan tempat pengamatan orangutan Sumatera sejak 1991. Tidak heran jika saat berkunjung ke sana, banyak orangutan yang hidup dengan bebas di alam liar yang merupakan habitat aslinya. Hal ini karena 90 persen kawasan wisata tersebut merupakan hutan.

Selama menjelajahi hutan Bukit Lawang, wisatawan akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan memberi informasi seputar orangutan yang ada di sana.

* Trekking di hutan

Bukit Lawang memiliki lingkungan yang masih asri. Jika ingin menikmatinya, wisatawan bisa melakukan trekking di hutan. Kendati demikian, pengunjung harus mempersiapkan stamina agar tidak mudah lelah. Hal ini karena pendakian melalui hutan akan melalui jalur naik-turun.

Selama trekking di hutan, ada baiknya kamu tetap menjaga jarak aman jika bertemu dengan orangutan terlebih saat berkunjung selama pandemi Covid-19. Selain agar habitat orangutan tidak terganggu, juga menghindari adanya transmisi virus antara manusia dan orangutan yang dilindungi.

Tidak hanya orangutan, jika beruntung mungkin kamu juga akan bertemu dengan musang, burung kaua raja, monyet ekor panjang, beruk, atau satwa lain yang mungkin belum pernah kamu temui sebelumnya.  

* Masuk ke Goa Kelelawar Goa

Kelelawar terletak tidak begitu jauh dari pintu masuk Bukit Lawang. Kamu hanya perlu berjalan sekitar 15 menit untuk mencapainya. Sama seperti namanya, gua tersebut merupakan habitat dari ribuan ekor kelelawar. Untuk melihatnya, kamu perlu bantuan senter. Selain melihat kelelawar, Goa Kelelawar juga menawarkan pemandangan bagian dalam gua yang menarik. Kamu akan melihat beberapa stalaktit berukuran besar yang sudah terbentuk sejak ratusan tahun lalu.

* Menyusuri Sungai Bahorok

Bukit Lawang memiliki sebuah sungai bernama Bahorok. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa mengarungi Sungai Bahorok dengan menggunakan ban karet. Jika beruntung, mungkin kamu akan melihat orangutan sedang berjalan di tepi sungai.

Sumber: Kompas